Sabtu, 21 April 2018

Berita

Duta Cinta Keluarga untuk Keluarga Indonesia

04 Apr 2018 00:00:00


Duta Cinta Keluarga untuk Keluarga Indonesia

SAHABAT KELUARGA – Dalam rangka menyambut Hari Kartini, Tim Penggerak PKK bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas, OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja), IIP BUMN (Ikatan Istri Pimpinan BUMN) dan Indonesia Heritage Foundation menggelar Pelatihan Duta Cinta Keluarga dengan tema Pola Asuh Berbasis Karakter pada 2-3 April 2018.

Acara ini diselenggarakan di lima wilayah di Jakarta dan dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama pada tanggal 2-3 April 2018 diselenggarakan di Walikota Jakarta Barat dan Walikota Jakarta Selatan. Sementara sesi kedua akan diselenggarakan pada 10-11 April 2018 di Walikota Jakarta Pusat, Walikota Jakarta Timur dan Walikota Jakarta Utara.

Peserta yang terlibat sebanyak 250 orang dari 8 kecamatan di setiap wilayah, terdiri dari lima unsur masyarakat antara lain PKK, Posyandu, PAUD, Tokoh Masyarakat (Ustad/Ustadzah), dan Karang Taruna.

Sahabat Keluarga turut berkontribusi dengan memberikan materi seputar pengasuhan untuk anak antara lain Pengasuhan Anak pada 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Mendidik Anak di Era Digital.

Wilayah Jakarta Barat diisi oleh mitra Sahabat Keluarga Maswita Jaya, M.Sc dan Bambang Sumanjaya. Sedangkan wilayah Jakarta Selatan materi pengasuhan diberikan oleh psikolog Romy Rose Mini, M.Psi dan Nyimas Diane.

Salah satu peserta di Wilayah Jakarta Barat, Marhumah Yako, menyambut baik pelatihan Duta Cinta Keluarga ini karena materi-materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk diteruskan di kecamatan Duri Kosambi, lokasi tinggalnya.

”Orang tua banyak yang belum paham bagaimana mendidik anak. Saya senang sekali dapat pelatihan seperti ini. Saya punya PAUD, aktif kegiatan juga di kecamatan, saya ingin sampaikan ke para orang tua tentang hal ini,” kata Marhumah antusias.

Menurutnya, lima unsur yang dilibatkan merupakan perpanjangan informasi dari materi-materi yang disampaikan. ”Jangan sampai materinya selesai disini saja. Semoga semuanya juga bersemangat bisa meneruskan di wilayah masing-masing,” tambahnya bersemangat.

Acara pelatihan Duta Cinta Keluarga akan dilanjutkan pada 10-11 April 2018 di tiga titik berikutnya. Acara ini diharapkan dapat digelar di wilayah lain di seluruh Indonesia. (Bunga Kusuma Dewi)