Sabtu, 21 April 2018

Berita

Gernas Baku Ajak Orang Tua Aktif dan Kreatif untuk Bercerita

26 Mar 2018 00:00:00


Gernas Baku Ajak Orang Tua Aktif dan Kreatif untuk Bercerita

SAHABAT KELUARGA – Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) dilakukan disejumlah tempat di Indonesia. Salah satunya di Rumah Dunia, Serang, Banten.

Sejumlah pegiat literasi, orang tua dan relawan yang bergerak dibidang literasi berkumpul di aula Rumah Dunia yang terletak di Kampung Ciloang, Sumurpecung, Kota Serang, untuk mendengarkan penjelasan tentang program Gernas Baku yang puncaknya akan diselenggarakan serentak pada 5 Mei 2018.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Dr. Sukiman, M.Pd turun langsung mensosialisasikan gerakan yang melibatkan orang tua dalam pelaksanaannya nanti. Kepada pegiat literasi di Kota Serang, Direktur berharap gerakan ini mendapatkan dukungan penuh dan berjalan dengan baik pada hari puncaknya nanti.

”Gerakan ini untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah. Pelaksanaannya kami pusatkan di lembaga PAUD dan tempat lainnya yang bisa dilaksanakan serentak pada 5 Mei,” jelas Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga saat meninjau langsung Rumah Dunia.

Kehadiran Direktur selain untuk sosialisasi juga untuk memastikan ketersediaan buku bacaan untuk anak-anak PAUD di wilayah Banten. Dari hasil peninjauan langsung itu, Direktur melihat buku-buku khusus anak usia dini yang penuh dengan gambar sangat minim di tempat itu.

”Buku khusus anak usia dini tak perlu banyak tulisan, tapi lebih senang banyak baca. Karakteristik anak usia dini juga tak bisa lama untuk mendengarkan cerita, sehingga perlu cerita bergambar dan sarat makna. Buku-buku seperti inilah yang langka,” kata Direktur.

Karena itulah, Direktur mengajak para pegiat literasi untuk aktif menciptakan cerita anak. "Kalau punya gagasan, untuk anak PAUD ceritakan tentang dunia yang mereka kenal. Misalnya, cerita tentang persahabatan kerbau dan sapi atau cerita lainnya," katanya. 

Untuk memenuhi buku bacaan saat Gernas Baku mendatang, Direktur menyarankan agar orang tua membeli buku untuk dibacakan pada anaknya. Jika tidak memungkinkan untuk beli, Direktur menyarankan untuk membuat sendiri cerita untuk anak usia dini.

”Orang tua bisa kreatif membuat buku sendiri dari majalah bekas yang dibuat kliping. Misalnya, ada gambar burung ditempel di kertas putih, kemudian ketemu gambar kucing ditempel lagi. Kemudian buat cerita tentang persahabatan burung dan kucing. Cerita itulah yang dibacakan kepada anak,” kata Direktur. 

Direktur berharap gerakan nasional ini tak hanya dilakukan pada tanggal 5 Mei saja, tapi menjadi pembiasaan baik bagi keluarga di rumah. Gerakan ini dapat menggugah orang tua untuk memiliki buku bacaan untuk anak usia dini.

Buku bacaan tersebut juga tak hanya dijadikan koleksi pribadi namun dapat bermanfaat bagi keluarga lainnya dengan cara diletakan di pojok buku lembaga PAUD. 

”Kalau semua orang tua melakukan itu, saya yakin kita tidak akan kekurangan bahan bacaan untuk anak usia dini. Gerakan ini berjalan berkesinambungan dan koleksi buku juga akan bertambah banyak,” jelas Direktur.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat, Dr. Firman Hadiansyah, menyambut baik Gernas Baku. Firman mengakui, buku bacaan khusus anak usia dini saat ini memang belum tersentuh oleh forum taman bacaan yang dia kelola. 

Sebagian besar buku yang ada untuk anak usia SD, SMP, SMA dan umum. Gerakan ini menurutnya semakin menggugah komunitas yang dikelolanya untuk bisa mencari bahan bacaan khusus anak  usia dini. 

”Seperti kita ketahui, literasi yang sudah berjalan saat ini adalah literasi masyarakat dengan TBM sebagai koornya serta literasi sekolah diselenggarakan di sekolah. Gernas Baku ini merupakan bagian dari literasi keluarga yang baru akan dimulai. Semoga dapat menginspirasi keluarga untuk membuat pojok baca di rumah,” kata Firman. 

Forum TBM akan mendukung penuh Gernas Baku dan siap menjalankan program ini pada 5 Mei mendatang. Sukseskan Gernas Baku! (Bunga Kusuma Dewi)