Selasa, 23 January 2018

Umum

Cobalah Berwisata Bersama Anak-anak

12 Jan 2018 11:00:00


Cobalah Berwisata Bersama Anak-anak

SAHABAT KELUARGA – Seringkali kita melakukan perjalanan jauh bersama anak-anak, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Perjalanan jauh untuk berbagai urusan, seperti mudik, wisata atau yang lainnya itu membutuhkan waktu yang lama dan kadang begitu melelahkan. 

Perjalanan panjang akan sangat bermanfaat bagi anak-anak jika kita dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik dan positif. Anak-anak akan mendapatkan pengalaman berbagai hal dalam perjalanan itu tentunya.  Perjalanan tidak akan sia-sia atau sekadar melelahkan bagi anak-anak manakala kita melakukan enam hal berikut ini:

 

Baca juga :

 

Pertama, tunjukkan kapada anak-anak kita tentang hal-hal penting sepanjang perjalanan mereka. Banyak hal dapat kita jumpai atau lewati yang belum dikenal anak-anak. Misal, kita melewati sungai, jembatan, taman, jalan, masjid, pasar, terminal, candi, maupun berbagai bangunan lain baik yang terkenal maupun yang kurang terkenal.

Kedua, jelaskan kepada anak kita setiap tempat yang dilewati atau disinggahi. Jelaskan nama tempat tersebut dan terangkan pula sekilas tentang hal-hal penting yang terkait atau berhubungan dengan tempat tersebut.

Misalnya ketika kita lewat di sebuah kota, jelaskan apa saja yang terkait dengan kota tersebut. Baik bangunanan yang terkenal, sebutan kotanya, makanan khasnya maupun sejarah kota tersebut secara ringkas saja. Tentu setiap tempat memiliki keunikan, kekhasan, dan sejarah sendiri-sendiri. Nah, ceritakan itu sejauh kemampuan kita.

Dari cerita itu akan ada hal yang masuk dalam ingatan anak nantinya. Oleh karena itu ceritakan sebanyak-banyaknya tentang tempat atau apa saja yang dapat mereka saksikan dalam perjalannnya agar mereka dapat merekam informasi sebanyak-banyaknya.

Ketiga, tunjukkanlah setiap tempat yang dilewati dengan peta. Hal ini sangat penting agar mereka mengetahui dan memahami setiap tempat yang dilewati. Apalagi sekarang sangat mudah, anak-anak dapat menggunakan google map untuk mengetahui di mana posisinya sekaligus mengetahui tempat-tempat tertentu tang tengah dilalui atau disinggahinya.

Keempat, berikan pertanyaan tentang pengetahuan apa yang sudah dimiliki anak-anak kita. Tanyakan tentang hal-hal penting terkait tempat yang dilewatinya. Dengan modal pengetahuan yang dimiliki anak-anak, biasanya mereka akan antusias untuk menyaksikan kota atau tempat yang dilewatinya.

Mereka akan mengaplikasikan pengetahuannya dengan lokasi tempat tersebut atau segala hal yang terkait dengan tempat tersebut. Dengan cara itu mereka akan memiliki daya lekat yang kuat dalam mengaplikasikan konsep geografis yang mereka miliki.

Kelima, berikan kesempatan anak-anak bertanya sepanjang perjalanan. Saat perjalanan, tentu dari mereka banyak muncul pertanyaan. Terutama saat mereka menyaksikan atau melihat berbagai hal yang menarik. Perhatikan, ketika perjalanan kita melintasi jembatan di atas sungai yang besar, setidaknya anak kita akan bertanya tentang nama sungai itu. Bahkan sering kali menanyakan hal-hal yang terkait dengan sungai. Misal, kenapa airnya keruh, deraskah airnya, bisakah untuk mandi atau dalamkah sungai itu. Bahkan tak jarang  mereka tanyakan: adakah buaya di dalamnya?

Demikian pula ketika mereka melintasi sebuah bangunan semacam monumen atau patung tertentu. Tentu dia akan menanyakan patung apakah itu, dibuat dari apa, siapa yang membuat, berat atau tidak dan banyak pertanyaan kreatif lainnya.  

Pertanyaan-pertanyaan itu memang sederhana, namun itu adalah pertanyaan kreatif dari mereka. Bagaimanapun kita harus berusaha menjawab atau menjelaskannya. Anak-anak akan puas ketika kita dapat menjelaskannya.

Keenam, biasakan anak-anak membaca literasi perjalanan. Petunjuk jalan, tulisan, maupun berbagai informasi lainnya yang ditemukan di sepanjang perjalanannya merupakan bahan literasi bagi anak-anak.

Di sepanjang jalan tentu banyak kita temukan berbagai tulisan, baik yang terkait dengan petunjuk lalu lintas, informasi suatu tempat, hingga berbagai tulisan semacam iklan dan reklame. Itu semua adalah bahan literasi yang  penting bagi anak-anak kita. Dari barbagai bahan literasi itu tak sedikit yang menarik untuk mereka bahas atau tanyakan kepada kita. Jika kita mampu memberikan informasi yang benar maka secara tak langsung bertambahlah pengetahuan anak-anak kita, bukan?

Nah, jika kita dapat melakukan enam hal di atas, maka perjalanan bersama anak-anak  tidak sekadar mendapatkan kebosanan dan kelelahan saja, melainkan banyak hal bermanfaat mereka dapatkannya. Maka jika memungkinkan berikan kesempatan anak-anak kita untuk lebih banyak menyaksikan berbagai hal dalam perjalanannya ketimbang tidur. Karena dengan begitu  mereka akan dapat menciptakan banyak pertanyaan kreatif yang jika kita jawab dengan benar akan memberikan banyak pengetahuan bagi dirinya. (Riyadi - Pendidik di SDN 1 Kediri, Karanglewas, Kab.Banyumas, Pegiat literasi di KOMPAK)