Selasa, 23 January 2018

Umum

4 Manfaat Menjalani Hobi Bersama Anak

10 Jan 2018 00:00:00


4 Manfaat Menjalani Hobi Bersama Anak

SAHABAT KELUARGA - Setiap tahun ibu saya suka sekali membuat kue. Mulai dari kue kering seperti nastar sampai dengan kue basah seperti bolu.

Waktu saya masih kecil, saya senang sekali saat melihat ibu membuat kue. Ibu selalu memberikan loyang kue khusus untuk saya. Beliau membiarkan saya membuat aneka bentuk kue sesuka hati saya. Beliau tak pernah marah atau pun melarang saya mendekat saat beliau sedang membuat kue.

Kalau dulu karena saya masih kecil, yang saya tahu membuat kue seperti yang dilakukan ibu itu sangat asyik. Bisa membuat bentuk bulat-bulat, dibuat seperti bentuk ulat maupun diberi warna-warna yang menarik untuk dimakan.

Tetapi sekarang setelah dewasa, saya menyadari bahwa ada pelajaran yang bisa diambil dari mengerjakkan hobi bersama ibu atau orang tua seperti yang saya lakukan waktu kecil. Setidaknya ada empat, yaitu:

Pertama, kedekatan emosional antara anak dan orang tua semakin erat. Sebagai orang tua yang disibukkan dengan pekerjaan, menjalankan hobi merupakan salah satu sarana hiburan. Tak ada salahnya jika mengajak anak untuk menjalankan hobi bersama. Selain untuk menghibur diri juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kedekatan demgan emosional buah hati.

Contohnya ketika saya diberi loyang khusus untuk kue yang saya buat lalu ibu membebaskan untuk berkreasi sesuka hati saya. Sebagai anak saya merasa ibu (orang tua) saya sangat care kepada saya.

Kedua, melatih kreativitas anak. Saat dibebaskan mengikuti hobi bersama orang tua, anak tentu akan berusaha untuk melakukan hal yang sama dan mirip yang dilakukan orang tuanya. Dia akan berpikir kreatif untuk bisa menyamai orang tuanya meski dengan kemampuan sederhana mereka.

Ketiga, melatih keterampilan motorik anak. Membebaskan anak untuk mengikuti hobi orang tua merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motoriknya. Anak yang diajak melakukan hobi bersama orang tua maka dia akan berusaha mengeksplorasi apa yang dia bisa. Berusaha mencari tahu hal-hal baru dari hobi yang dilakukan bersama orang tuanya. Sehingga akan memicu perkembangan motorik dari si anak.

Keempat, menambah wawasan anak. Dengan menjalankan hobi bersama anak, orang tua dapat mengenalkan hal-hal baru. Misalnya mengenalkan jenis-jenis bahan untuk membuat kue, mengenalkan peralatan memasak atau meminta anak untuk menimbang bahan membuat kue.

Jadi sebagai orang tua, tak ada salahnya mengajak anak melakukan hobi bersama. Tak perlu melarang saat mereka mendekat. Yang perlu dilakukan orang tua yaitu menjadi pendamping. Tak perlu merasa terganggu dengan tingkah mereka, karena setiap tingkah polah mereka dapat meningkatkan kecerdasan baik emosional maupun motoriknya. (Agustina Wulandari Sutoro - Tutor PBM Wadaskelir)