Jumat, 20 October 2017

Berita

Begini, Cara Pemkab Deli Serdang Galakkan Pendidikan Keluarga

04 Oct 2017 16:05:25


Begini, Cara Pemkab Deli Serdang Galakkan Pendidikan Keluarga

SAHABAT KELUARGA-Menyadari strategisnya peran keluarga dan pentingnya pendidikan keluarga, Sejak tahun 2016 lalu, Dinas pendidikan Deli Serdang membentuk khusus satuan kerja yang mengelola pendidikan keluarga. Satuan kerja yang berada di level eselon 4 ini adalah Seksi PAUD dan Pendidikan Keluarga. “Konsep pendidikan keluarga ini penting diformalkan secara kelembagaan, tak cukup hanya kelompok kerja. “Demikian dikatakan Miska Gewa Sari, Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Deli Serdang, beberapa waktu lalu.

Dalam tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Deli Serdang, dituturkan Miska, pendidikan keluarga secara eksplisit sudah tercantum. “ Ini apa artinya? Artinya secara tidak langsung, pemerintah Kabupaten Deli Serdang sudah memasukan pendidikan keluarga dalam peraturan daerah atau peraturan gubernur, sebab tupoksi lahir dari pergub dan perda “ jelasnya.

Namun, katanya juga, sebetulnya, kesadaran pentingnya peran orang tua untuk memajukan sekolah sudah dilakukan pemerintahan Deli Serdang sejak lama, yakni sejak masa Bupati Deli Serdang dijabat Amri Tambunan (2004-2014). Pada tahun 2005, Amri Tambunan menggagas Program Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Terhadap Sekolah (Cerdas). Dalam program tersebut, dilakukan rehabilitasi terhadap sekitar 248 sekolah. “ Program rehabilitasi menerapkan azas gotong royong, yakni melibatkan pengusaha, orang tua, dan masyarakat peduli pendidikan, “paparnya.

Dukungan pelaksanaan MesRA BERTUAH juga diberikan langsung Bupati. Pada APBD 2017, anggaran sosialisasi MeSRA BERTUAH sudah tercantum dan di APBD Perubahan juga ditambahkan anggaran publikasi. Sementara pada RAPBD 2018, sudah diusulkan program penguatan dukungan sarana dan prasarana program MeSRA BERTUAH, serta penguatan kapasitas kepala sekolah dan guru.

“Tahun 2018 mendatang, kita berencana memberi apresiasi untuk paguyuban orang tua dan kepala sekolah yang mendukung pembinaan pendidikan keluarga. Momentumnya direncanakan pada Hari Pendidikan Nasional, “kata Miska.

Mulai tahun 2017 ini, Dinas Pendidikan Deli Serdang juga memberi ruang bagi paguyuban orang tua untuk melakukan berbagai aktivitas serta dilakukan koordinasi dengan SKPD. “Tidak ada cerita jaman ini sekolah tidak melibatkan orang tuan. Model-model pelibatan keluarga dibutuhkan, banyak orang tua yang gagal mendidik anak karena tidak punya wawasan, pendidikan terbatas, “katanya.

Salah satu aksi nyata adalah pelaksanaan kelas inspirasi dengan menghadirkan narasumber orang tua, kepolisian, puskesmas, BNN, dan sebagainya. Selain itu, orang tua didorong untuk bekerjasama dengan sekolah menanam pohon di lingkungan sekolah, menyeleksi makanan di kantin, menggelar parenting, dan berbagai kegiatan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Wastiaana Harahap, menambahkan, kegiatan-kegiatan dalam Gerakan MeSRA BERTUAH itu akan didorong untuk muncul dari bawah yakni masyarakat. "Hal ini penting untuk keberlanjutan gerakan ini, jadi siapapun nanti yang akan menjabat, gerakan ini jalan terus sebab muncul dari masyarakat. Kami saat ini sedang menciptakan sistem untuk menjamin keberlangsungan gerakan ini", Katanya. Yanuar Jatnika