Jumat, 20 October 2017

Sekolah Keren

Menjadikan Orang Tua Gemar Membaca lewat Kegiatan Parenting

26 Sep 2017 16:16:33


Menjadikan Orang Tua Gemar Membaca lewat Kegiatan Parenting

SAHABAT KELUARGA – Parenting merupakan salah satu kegiatan yang sering diadakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Kegiatan parenting diadakan semata-mata tidak hanya untuk mengumpulkan orang tua, akan tetapi untuk memberi pengarahan kepada orang tua agar pendidikan di rumah sejalan dengan pendidikan yang dilakukan di sekolah. Karena dinilai penting, kegiatan parenting pada umumnya rutin dilakukan di lembaga pendidikan anak usia dini.

Seperti halnya yang dilakukan Kelompok Bermain Wadas Kelir, Kelurahan Karangklesem Purwokerto ini. Jika biasanya kegiatan parenting dilakukan dengan cara mengundang narasumber pakar terkait, uniknya di Kelompok Bermain Wadas Kelir ini justru melibatkan orang tua atau wali murid sebagai pemateri.

Satu per satu orang tua atau wali murid akan mendapatkan giliran menjadi pemateri kegiatan parenting. Dengan tema yang telah ditentukan oleh pengelola kelompok bermain wadas kelir, orang tua atau wali murid menjadi antusias untuk menceritakan pengalamanya mengasuh anaknya.

Tidak jarang ada beberapa orang tua yang menanyakan tentang tema yang ditetapkan, dari sini kelompok bermain wadas kelir mulai menjalin kerjasama untuk penyediaan buku-buku parenting. Hal tersebut kemudian memancing orang tua lainnya menjadi gemar meminjam dan membaca buku.

Beberapa orang tua menuturkan bahwa kegiatan parenting seperti ini sangatlah bagus, selain mendorong orang tua untuk membaca juga melatih mereka berbicara di depan umum. “Awalnya saya tidak setuju kegiatan parenting seperti ini, karena saya suka grogi ketika berbicara di depan umum, terlebih saya tidak suka membaca. Tapi sekarang saya malah senang dan menunggu-nunggu giliran menjadi pemateri untuk menyampaiakn banyak pengalaman dan pengetahuan dari buku yang saya baca,” kata Ani salah satu wali murid di kelompok bermain wadas kelir.

Sejak adanya kegiatan parenting dengan model seperti ini, ternyata banyak orang tua yang mengikutinya secara rutin, bahkan orang tua yang anaknya sudah masuk SD tak jarang banyak yang datang ketika kegiatan parenting dilaksanakan. (Risdianto Hermawan, Relawan Pustaka Kampung Literasi Wadas Kelir dan Pendongeng di Kelompok Bermain Wadas Kelir)