Sabtu, 18 November 2017

Sekolah Keren

Satu Dekade Keterlibatan Orang Tua di SD Gemala Ananda

11 Sep 2017 11:40:59


Satu Dekade Keterlibatan Orang Tua di SD Gemala Ananda

SAHABAT KELUARGA – SD Gemala Ananda berlokasi di Lebak Bulus, berdiri sejak 11 September 2006 dan memulai proses pembelajaran pada tahun pelajaran 2007/2008. Sekolah ini dipimpin oleh seorang wanita energik bernama Ibu Jasmin Jasin.

Dalam sepuluh tahun berjalan, sekolah ini sukses dalam membina orang tua siswa untuk terlibat dalam proses pendidikan. Banyak program-progam yang melibatkan orang tua siswa dari sekolah ini, tak heran pada 2017 SD Gemala Ananda berhasil mendapatkan apresiasi Sekolah Keren dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. 

Menyambut satu dekade SD Gemala Ananda berdiri, diketuai oleh orang tua siswa bernama Anisa Sahisnu (Ines) sekolah ini menyelenggarakan syukuran dan reuni 11 angkatan "SeruNi!" di Taman Pulau Situ Gintung 3, Tangerang Selatan. Acara ini dilaksanakan sepenuhnya oleh orang tua dengan menggaet beberapa perusahaan utk mensponsori, seperti, BNI, Indofood, Indosat  Ooredoo, Warteg Hitz, LINC., Cerdig, Lavanya Residences, dan Tx Travel.

Setiap peserta yang hadir diberikan selebaran berisi sejarah sekolah, foto setiap angkatan, dan juga permainan anak yang menarik. Dalam acara ini ditampilkan nyanyian dan tarian dari para siswa, dongeng dari kak Ariyo, kuis, dan juga berbagai aktivitas anak yang menyenangkan seperti Baper (balon perut), Booth gemezz, Bu JJ (bulu jangan jatuh), tebak satwa Indonesia, foto seru, karya seru, dll,. Orang tua setiap angkatan menyumbangkan satu permainan.

Setiap tahun sekolah SD Gemala Ananda rutin menyelenggarakan pentas seni. Setiap penyelenggaraan pentas tersebut, guru musik kerap menciptakan beberapa lagu yang dinyanyikan dalam kesempatan pentas seni. Dalam satu dekade tak terasa telah tercipta puluhan lagu yang kemudian dinyanyikan bersama dalam kesempatan tersebut.

Terciptanya puluhan lagu tersebut dilatarbelakangi atas keprihatinan minimnya lagu anak-anak, maka tercetuslah ide untuk mengalbumkan lagu-lagu tersebut. Album  yang sepenuhnya dikerjakan oleh orang tua ini dinamakan lagu anak "Gemala Bernyanyi: Untukmu Kawan".

Harapannya, keping-keping CD tersebut bisa disebarkan secara cuma-cuma ke seluruh pelosok negeri. Untuk mendukung itu maka dibukalah donasi melalui kitabisa.com/gemalabernyanyi. Bila nilai donasi lebih dari Rp. 150 ribu, donatur akan akan mendapatkan sekeping CD.

Pada akhir acara, guru, staf, dan mantan guru/staf mendapat penghargaan "Kecil Tapi Bermakna" yang berisi ungkapan terima kasih para siswa. Penghargaan yang digagas oleh orang tua ini dilakukan secara rahasia, dan merupakan kejutan yang sangat indah serta membuat para guru dan staf menitikkan air mata haru.

Kalimat penghargaan disusun sendiri oleh para siswa, misalnya: "Terima kasih karena sudah menjadi orang yang baik, sopan, ramah, suka bercanda, dan selalu mengajar dengan cara yang mudah" dan "Terima kasih karena baik dan sabar, memfoto kopi LK, membantu anak-anak turun tangga saat tangganya licin".

Sungguh hebat memang jikalau pihak sekolah dan orang tua bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam mendidik anak. Apa yg SD Gemala Ananda lakukan dapat menjadi contoh nyata. Semoga bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk bisa menjadi lebih baik. (Agus Saptono – Subdit Pembinaan Anak dan Remaja)