Selasa, 21 November 2017

Berita

Hari Pertama Sekolah, Orang Tua Diajak Dukung Kegiatan Sekolah

17 Jul 2017 13:22:58


Hari Pertama Sekolah, Orang Tua Diajak Dukung  Kegiatan Sekolah

SAHABAT KELUARGA- Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemdikbud, Sukiman, mengajak para orang tua untuk bersama-sama mendukung kegiatan di sekolah anak-anaknya. Salah satunya, aktif menghadiri dan mendukung kegiatan pertemuan dengan wali kelas, baik di awal tahun pelajaran, pertengahan, maupun akhir tahun pelajaran.

“Pertemuan orang tua/wali dengan wali kelas ini penting agar terjadi komunikasi dan interaksi terkait  berbagai permasalahan yang timbul dalam hal proses pembelajaran anak di sekolah dan di rumah, serta prestasi yang dicapai anak didik. “Demikian dikatakan Sukiman dihadapan ratusan siswa baru pada hari pertama sekolah (HPS) di SMP Negeri 1 Karawang Barat, Jawa Barat, 17 Juli 2017.

Didampingi Kepala Sekolah SMPN 1 Karawang Barat, Rukmana, dan Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Amid Mulyana, Sukiman menegaskan, melalui kolaborasi antara orang tua dengan pihak sekolah, sehingga semua kegiatan anak-anak didik akan terpantau, tidak saja oleh sekolah tetapi juga oleh orang tua. “Nanti di setiap kelas akan dibentuk paguyuban orang tua sebagai wahana saling berkomunikasi dengan sesama orang tua dan memberikan ide-ide kepada sekolah demi kemajuan sekolah anak-anak didiknya, “katanya.

Sukiman mendorong para siswa didik untuk berprestasi, tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga non akademik. Saat ini, lanjutnya,  sekolah didorong untuk selalu memberikan apresiasi atas setiap prestasi apapun yang diraih anak didik.

“Contohnya, kalau anak didik memperoleh nilai-nilai bagus atau meraih prestasi dalam bidang olah raga, kesenian, atau kegiatan ilmiah, guru tidak segan-segan mengabarkan dan mengucapkan selamat pada orang tua,  sehingga kemajuan anak didik tidak hanya kebanggaan sekolah, tapi juga orang tua, “jelas Sukiman.

Para orang tua juga, Sukiman menghimbau untuk ikut mengawasi proses pembelajaran di sekolah dan memberikan masukan atau ide yang berguna untuk kemajuan sekolah dan anak didik.

Tahun ajaran 2017/2018 ini, SMPN 1 Karawang Barat menerima sekitar 352 siswa baru atau 11 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 32 siswa. Selain itu, sekolah yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Karawang Barat ini, juga menerima siswa untuk kelas terbuka sebanyak 6  kelas.

Hari Pertama Sekolah (HPS) hari ini akan berlanjut pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 4 hari sampai Jumat mendatang.

Sebagian besar siswa baru nampak diantar dan sebagian juga ditungguin oleh orang tua atau walinya sesuai himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah setempat. Yanuar Jatnika