Rabu, 13 December 2017

Usia PAUD

Meningkatkan Daya Ingat Anak

27 Nov 2017 15:11:26


Meningkatkan Daya Ingat Anak

SAHABAT KELUARGA – Otak merupakan organ yang sangat penting yang berfungsi mengatur seluruh aktivitas tubuh termasuk daya ingat. Pada anak-anak, mengingat merupakan aktivitas yang mudah dilakukan. Meskipun, kemampuan daya ingat yang dimiliki anak berbeda-beda.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan orang tua untuk meningkatkan daya ingat anak. Berikut cara sederhana yang dapat dicoba:

Pertama, mendongeng. Orang tua dapat memberikan cerita yang menarik untuk anak agar mereka tertarik dan senang. Orang tua dapat memberikan pengulangan, anak akan terbiasa merekam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lama.

Kedua, mengajak bernyanyi. Orang tua dapat juga meningkatkan daya ingat anak dengan musik dan mengajaknya bernyanyi, misalnya menyanyikan Topi Saya Bundar. Jangan lupa ajak juga si kecil berjoget dan bertepuk tangan agar menambah kegembiraan dan semangatnya. Lakukan kegiatan ini secara rutin, dengan begitu anak akan mudah mengingat dan meniru dengan mudah.

Ketiga, bermain sambil belajar. Bermain merupakan cara meningkatkan daya ingat si kecil yang paling disukai semua anak. Misalnya, orang tua dapat merangsang daya ingat anak dengan misalnya bermain puzzle, flash card, mewarnai, permainan aneka bentuk dan warna, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

Keempat, cukup tidur dan istirahat. Tidur yang cukup merupakan kunci mempertahankan daya ingat. Hal ini dikarenakan selama tidur otak menyimpan hal-hal penting yang sudah dipelajari selama seharian. Itu sebabnya, pastikan si kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap hari.

Demikian, empat hal yang dapat dilakukan orang tua dalam meningkatkan daya ingat buah hatinya. Daya ingat anak yang tinggi akan memudahkan anak melakukan berbagai kegiatan yang membuat tumbuh kembangnya berjalan baik. (Muhammad Aenul Y - Guru Bimbingan Konseling Brebes)