Jumat, 20 October 2017

Usia SD

Penting, Figur Ayah bagi Anak Perempuan

05 Oct 2017 13:27:12


Penting, Figur Ayah bagi Anak Perempuan

SAHABAT KELUARGA- Siapa yang paling bertanggungjawab dalam hal tingkah laku dan kepribadian seorang anak perempuan? Ayah atau Ibu? Ada anggapan umum, bahwa ibulah yang paling bertanggung jawab. Logikanya, banyaknya anggapan bahwa dia lebih siap untuk mengidentifikasi dengan perspektif perempuan.

Namun, ayah ternyata memiliki kesempatan yang serupa dengan ibu untuk menangani masalah tersebut, bahkan mungkin lebih penting. Hal tersebut diperkuat dengan hasil dari sejumlah penelitan yang menunjukkan dampak positif bahwa hubungan atau kedekatan antara ayah dengan anak perempuan mereka memiliki dampak yang sangat kuat terhadap harga diri seorang wanita. Bahkan ada yang membuktikan bagaimana hal itu dapat mengurangi gangguan makan.

“Ikatan ayah dan anak adalah salah satu yang paling penting dan akan membingkai bagaimana seorang anak perempuan muda memandang pria dan karena itu bagaimana dia memiliki hubungan (dengan pria) sepanjang hidupnya nanti,” jelas Emmy Brunner, pendiri dan direktur The Recover Clinic.

Menurut Brunner, jika seorang anak perempuan merasa benar-benar diterima secara fisik oleh ayahnya dan cukup baik ‘seperti dia’ ini akan memberikan dampak positif tentang bagaimana dia memandang dirinya secara fisik.

Dikatakan Brunner, seorang ayah adalah figur laki-laki pertama yang ditemui oleh seorang anak sejak masa kecilnya. Oleh karena itu, secara psikologis ia akan merekam apa yang ayahnya sebagai bekal bagaimana ia akan bergaul dengan laki-laki nantinya. Anak yang cenderung tertutup terhadap teman laki-lakinya, kemungkinan dirinya tidak mendapatkan kedekatan dengan ayahnya. Yanuar Jatnika

 

Berita terkait:

Yuk, Menjadi Ayah yang Berarti bagi Anak-anaknya

Masihkah Anda Mengaku Sebagai AYAH?