Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bisakah Ananda Menemukenali Suara Batin Sejak Kecil?
#1
Nabila Ishma dan Allisa Putri Maryam adalah dua anak perempuan yang tumbuh dan gembira bersama keluarga peduli pendidikan.

Aksi CDEF mengantarkan Nabila Ishma menjadi penerima anugerah Tunas Muda Pemimpin Indonesia. Remaja kita ini sudah memperjuangkan hak anak sejak masih duduk di sekolah dasar. Ia berhasil mendampingi teman sebayanya di SMPN 7 Bandung yang membentuk genk mendeklarasikan Komunitas Ramah Anak di Dago CFD. Beberapa teman di SMAN 1 Bandung pun merasakan hasil perjuangan Nabila. Nabila kini menjadi salah satu Wakil Ketua Forum Anak Nasional. Ia berhasil menyusun buku yang menginspirasi anak-anak Indonesia dengan dukungan penuh Subdit Arema Ditbindikel Kemdikbud.

S3asters-nya Allisa Putri Maryam menjadi pintu masuk untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak menjadikan sekolah/madrasah rumah kedua bagi anak. Sejak terpilih menjadi salah satu Duta Sekolah Aman oleh Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB pada 2012, Allisa mengajak teman-teman PMR nya berlatih YES for Safer School secara rutin. Kegiatan rutin ini mendorong Allisa menggagas S3asters saat mengetahui ada HPS- hari pertama sekolah. Ia mengajak teman-temannya sebagai kakak kelas untuk menyapa dan mengantar keliling mengenal sekolah adik-adik kelas baru yang tidak diantar orang tua. Harapannya adik kelas merasa nyaman dan tidak takut terhadap kakak kelas sehingga bullying pun bisa dikurangi.

Setiap anak adalah juara tak bisa dibandingkan satu sama lain. Tugas kita sebagai pendidik adalah membina setiap anak menemukan dan mengenali "suara batin" nya. Komunitas Dakocan memperkenalkan keluarga-keluarga peduli pendidikan pada kegiatan 20 menit yang memukau. KerLiP dan Dakocan bersama-sama melaksanakan kampanye pentingnya kelekatan hubungan ayah dengan balita setidaknya dengan mendongeng atau membacakan buku cerita pengantar tidur pada saat anak-anak masih kecil. KerLiP mengembangkan kebiasaan menjelang tidur ini menjadi wahana yang tepat untuk menyimak dan menanggapi suara batin saat anak tumbuh menjadi remaja. Jika ini dilaksanakan secara rutin dan dikembangkan dengan pertanyaan-pertanyaan produktif maka suara batin anak akan selalu hadir dalam keseharian. Anak-anak kita pun dapat mengembangkan sistem berpikir kritis, peduli, dan kreatif secara mandiri

Bagaimana Nabila dan Allisa menemukenali suara batinnya?

Ibunda Nabila, Ekasari Widyati memilih membesarkan kedua putrinya tanpa asisten. Keluarga adalah prioritas utama. "Ibarat perusahaan, anak-anak adalah produk terbaik yang harus kami jaga sepenuh hati, "begitu katanya saat bergabung dalam Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan. Ekasari berhasil menerapkan "Kyoku Mama". Kedua putrinya tumbuh dengan keunikan masing-masing, meraih beragam prestasi di berbagai tingkatan,dan aktif memperjuangkan hak-hak anak sejak masih kecil.

Sedangkan Allisa, dibesarkan oleh ibunya, Yanti Sriyulianti, yang bekerja merintis dan mengembangkan model-model pendidikan anak merdeka sejak Allisa belum lahir. Yanti selalu membawa Allisa bersama asisten rumah tangga yang merangkap sebagai pengasuh dalam setiap kesibukannya. "Allisa kecil sering menangis. Saya selalu siap meninggalkan acara sepenting apapun jika teman-teman pegiat pendidikan merasa terganggu dengan tangisan Allisa saat merasa tidak nyaman dalam pertemuan yang saya hadiri, "kata Yanti.

Selain rutin mendengarkan dan menanggapi suara anak, mengedepankan prinsip kepentingan terbaik anak adalah prinsip yang tak dapat ditawar oleh keluarga peduli pendidikan. Pada usia 7 tahun pertama kehidupannya, anak-anak kita membutuhkan perhatian penuh dari ayah dan bunda. Apapun pilihan profesi kita, anak-anak yang terpenuhi kebutuhannya untuk menjadi pusat perhatian pada usia ini akan menemukenali suara batinnya sejak usia kecil.
  Balas
#2
Terimakasih ...Tulisan yg sangat indah ibu Yanti Sriyulianti
Setiap anak pasti memiliki suara batin hanya saja mungkin "ketajamannya" yg berbeda
Disinilah pentingnya org tua membantu anak dalam menemukenali suara batin mereka jgn sampai suara batin anak hanya menjadi "bisikan" yg perlahan dan sesaat kemudian hilang...
  Balas
#3
Terima kasih juga sudah bersedia menyatu di Rumah KerLiP terutama dalam melejitkan potensi anak dan mendampingi anak-anak yang memerlukan perlindungan khusus.
  Balas


Lompat ke forum:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)