Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pentingnya Mengetahui Kebutuhan Pendidikan Anak SD Berdasarkan Karakteristiknya
#1
[Image: target="_blank" class="mycode_url">http://1.bp.blogspot.com/-s9RqAEtkAs8/VK...ngajar.jpg]

Pada usia Sekolah Dasar (SD) seorang anak memerlukan perhatian khusus. Sebab, pada usia ini anak masih dalam masa perkembangan karakter. Karakteristik pada anak tidak serta merta merupakan bawaan sejak lahir. Karakteristik dapat dibentuk dan ditumbuhkan sejak dini. Tujuannya agar pendidik, baik pendidik pertama yaitu orangtua maupun pendidik kedua yaitu guru, mengetahui apa saja kebutuhan pendidikan anak SD. Dengan mengetahui karakteristik dan kebutuhan anak usia SD, pendidik dapat memberikan metode yang tepat untuk pendidikan anak usia SD tersebut.

Terdapat beberapa karakteristik pada anak usia SD yang perlu Anda ketahui. 

Quote:Karakteristik pertama, yaitu anak usia SD masih senang bermain. Karakteristik ini menuntut pendidik untuk menerapkan kegiatan belajar mengajar yang memiliki muatan permainan, khususnya untuk kelas 4 kebawah. Artinya, bukan serta merta anak usia SD bermain dengan permainan bebas. Rancanglah model pembelajaran untuk pendidikan anak SD yang memiliki kompetensi baik, namun dikemas dengan unsur permainan. Ciptakanlah suasana belajar mengajar yang serius tapi santai. Selain itu, buatlah jadwal pelajaran selang-seling agar anak tidak merasa bosan ataupun jenuh. Misalnya, diantara pelajaran Matematika dan IPA selipkan pelajaran yang memiliki unsur seni dan olahraga. Karakteristik kedua, senang praktik dan mencoba sesuatu hal yang baru. Jika dilihat dari perkembangan kognitif, anak usia SD sedang memasuki tahap dimana mengharuskan mereka melakukan sesuatu hal yang konkret. Ia akan belajar menghubungkan konsep-konsep baru dengan konsep-konsep lama. Artinya, anak akan membentuk konsep-konsep tentang ruang, waktu, angka, dan sebagainya. 

Karenanya, apa yang mereka dapatkan akan lebih mudah dipahami jika anak melaksanakan sendiri atau Anda –sebagai pendidik – memberi contoh pada anak. Misalnya, Jika anak baru belajar mengenai flora, ajaklah mereka belajar diluar ruangan agar anak secara langsung memahami mengenai flora dan mempraktikkan hal-hal yang baru.

Karakteristik ketiga bagi pendidikan anak SD, yaitu senang bekerja dalam kelompok. Pada usia SD, anak sedang senang-senangnya mencari sebayanya untuk melakukan sosialisasi. Proses sosialisasi ini akan memberikan anak pembelajaran penting, seperti belajar memenuhi aturan, menerima tanggung jawab, menjadi seorang pemimpin, tidak egois, sportif, hingga kesetiakawanan. Untuk itu, penting bagi pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran berkelompok. Beri juga anak tugas-tugas yang memungkinkan Anda melihat kebutuhan anak usia SD tersebut.

Dengan mengetahui karakteristik tersebut, akan menjadikan Anda memahami kebutuhan target="_blank" class="mycode_url">pendidikan anak SD agar nantinya dapat memberikan metode-metode pembelajaran yang tepat bagi perkembangan mereka. Akan lebih baik lagi, jika ibu – sebagai pendidik pertama – memberikan nutrisi seimbang agar tumbuh kembang anak menjadi sempurna. Untuk hal ini, serahkan saja pada produk Wyeth, S-26 Promise dengan Nutrissentials yang diformulasikan khusus untuk anak usia 3-12 tahun.

Nah itulah ulasan yang bisa saya bagikan kepada sahabatkeluarga disini semoga bermanfaat ya. Smile
  Balas
#2
Dari ketiga karakteristik yang dijelaskan di atas tentu perlu persiapan yang cukup matang bagi para guru sebelum pembelajaran. Guru dituntut untuk selalu kreatif dalam menyesuaikan karakteristik anak tersebut, karena pembelajaran dilakukan setiap hari sehingga jangan sampai anak bosan dengan sistem permainan atau jenis pembelajaran yang itu-itu saja.... Guru harus melek teknologi, sehingga guru bisa lebih leluasa dalam memvariasikan pembelajaran. Selain itu, guru harus terus belajar guna meningkatkan pengetahuannya...
  Balas


Lompat ke forum:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)