Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
ANTISIPASI UNBK (UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER) PERLU ADANYA PENGENALAN PENGETAHUA
#1
Pengenalan pengetahuan IT berdasarkan tuntutan Pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa sangat perlu di terapkan pada pendidikan Kesetaraan Paket.  Meskipun kebanyakan dari warga belajar di PKBM adalah ibu rumah tangga, petani dan buruh pabrik, tetapi ini sangatlah penting untuk pengembangan skill pribadinya.  Setidaknya mereka dibekali ilmu teknologi dan paham untuk menggunakan nya.  Salah satunya tuntutan ini akan mereka gunakan pada kegiatan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang menjadi polemik pada lembaga PKBM ( Pusat Kegiatan  Belajar Masyarakat ) di seluruh Indonesia.  Semua PKBM Khawatir karena kebanyakan warga belajar di Kesetaraan tidak memahami IT, termasuk komponen didalam nya seperti Kepala Satuan Lembaga dan Tutor.
Ini merupakan suatu tantangan berat bagi PKBM yang terjaring Pemetaan UNBK, Karena tidak hanya SDM yang kurang paham akan IT namun Sarana dan Prasarana yang ada dilembaga tidak memadai.  Tapi semua ini tidak menutup kemungkinan mau tidak mau lembaga harus siap dengan tuntutan pemerintah dan teknologi yang sudah semakin canggih, pengenalan IT harus tetap diterapkan sampai ke pendidikan Luar Sekolah yaitu Kesetaraan atau kejar Paket  yang ada di PKBM.
Meski dilapangan banyak yang tidak memahami IT namun, setelah mencobanya mereka justru lebih menyukai pembelajaran seperti ini.  Pembelajaran IT serasa aneh buat mereka yang dipelosok daerah dan menjadi penyemangat baru bagi warga belajar.
Mudah-mudahan dengan adanya pengenalan IT dikalangan warga belajar kesetaraan memberikan motivasi untuk lebih tertarik lagi belajar di PKBM dan tidak memandang sebelah mata akan belajar kejar paket di PKBM.
  Balas
#2
Tapi untuk ruangan labnya sendiri perlu peninjauan ulang pak.. terkadang ada lab komputer yang memasang air conditioner (AC) terlalu dingin, sehingga banyak peserta ujian sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan soal. Contohnya saja, jika ruangan hanya 6 x 5 sedangkan AC 2 pk yang di pasang, tidak sesuai..
  Balas


Lompat ke forum:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)