Selamat datang, Guest
You have to register before you can post on our site.

Username
  

Password
  





Search Forums

(Advanced Search)

Forum Statistics
» Members: 903
» Latest member: Yetti Pudiyantari
» Forum threads: 295
» Forum posts: 566

Full Statistics

Online Users
There are currently 2 online users.
» 0 Member(s) | 2 Guest(s)

Latest Threads
Tips Memilih Film Kartun ...
Forum: Usia SD
Last Post: 7haponi
11-01-2017, 02:00 PM
» Replies: 2
» Views: 701
Meningkatkan mutu Pendidi...
Forum: Usia SMA/SMK
Last Post: Fajar_AR
11-01-2017, 01:52 PM
» Replies: 8
» Views: 1,927
PENTINGNYA MENARI BAGI PE...
Forum: Usia PAUD
Last Post: 7haponi
10-31-2017, 02:43 PM
» Replies: 1
» Views: 365
Tips Menumbuhkan Semangat...
Forum: Umum (Lintas Usia)
Last Post: dapurpendidikan
10-28-2017, 08:53 PM
» Replies: 8
» Views: 11,390
Pelepasan Mahasiswa
Forum: Usia SMA/SMK
Last Post: SMKN 2 SINGARAJA
10-25-2017, 07:52 AM
» Replies: 0
» Views: 144
ACARA PARENTING
Forum: Usia PAUD
Last Post: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY
10-24-2017, 09:57 AM
» Replies: 0
» Views: 178
KAJIAN WALI MURID TK BAIT...
Forum: Usia PAUD
Last Post: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY
10-18-2017, 09:51 AM
» Replies: 0
» Views: 205
ACARA PARENTING
Forum: Usia PAUD
Last Post: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY
10-14-2017, 12:35 PM
» Replies: 0
» Views: 272
Senyum adalah sambutan te...
Forum: Usia PAUD
Last Post: Anggorowati Wulyansari
10-13-2017, 11:26 PM
» Replies: 0
» Views: 221
Ayo Senam ^_^
Forum: Usia PAUD
Last Post: Maykel Yossi Tampubolon
10-13-2017, 12:55 AM
» Replies: 0
» Views: 203

 
  Pelepasan Mahasiswa
Posted by: SMKN 2 SINGARAJA - 10-25-2017, 07:52 AM - Forum: Usia SMA/SMK - No Replies

Setelah lebih dari tiga bulan Mahasiswa PPL Real dan PPG SM3T Undiksha melaksanakan PPL (Pendidikan Praktik Lapangan) di SMKN 2 Singaraja, pada Hari Senin, 23 Oktober 2017 secara resmi diserahkan kembali kepada pihak kampus oleh sekolah. Penyerahan dilakukan pada acara pelepasan oleh kepala sekolah kepada dosen pembimbing yang mewakili institusi, Kepala SMKN 2 Singaraja pada sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak Undiksha karena mempercayakan para mahasiswanya untuk PPL di SMKN 2 Singaraja. Permohonan maaf juga disampaikan karena keterbatasan sekolah untuk memberikan pelayanan kepada para mahasiswa "tegasnya"



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
   
Print this item

  ACARA PARENTING
Posted by: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY - 10-24-2017, 09:57 AM - Forum: Usia PAUD - No Replies

AHAD , 22 OKTOBER 2017 , Pemateri Ustadz Haris Abu Naufal dengan Tema Mulia dengan Al quran .



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
                   
Print this item

  KAJIAN WALI MURID TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY
Posted by: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY - 10-18-2017, 09:51 AM - Forum: Usia PAUD - No Replies

Kajian wali murid BQSR bersama ustadz Haris Abu Naufal, Jumat 9 Muharam 1439H, pukul 9:30 di gedung BQSR, Blang Padang.

Kewajiban Menuntut Ilmu Agama
__________________________


Sebagian di antara kita mungkin menganggap bahwa hukum menuntut ilmu agama sekedar sunnah saja, yang diberi pahala bagi yang melakukannya dan tidak berdosa bagi siapa saja yang meninggalkannya.
Padahal, terdapat beberapa kondisi di mana hukum menuntut ilmu agama adalah wajib atas setiap muslim (fardhu ‘ain) sehingga berdosalah setiap orang yang meninggalkannya.
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)
Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tegas menyatakan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib atas setiap muslim, bukan bagi sebagian orang muslim saja.
Lalu, “ilmu” apakah yang dimaksud dalam hadits ini? Penting untuk diketahui bahwa ketika Allah Ta’ala atau Rasul-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan kata “ilmu” saja dalam Al Qur’an atau As-Sunnah, maka ilmu yang dimaksud adalah ilmu syar’i (ilmu agama), termasuk kata “ilmu” yang terdapat dalam hadits di atas.
Sebagai contoh, berkaitan dengan firman Allah Ta’ala,
وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
“Dan katakanlah,‘Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu’“. (QS. Thaaha [20] : 114)
maka Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah berkata,
( وَقَوْله عَزَّ وَجَلَّ : رَبّ زِدْنِي عِلْمًا ) وَاضِح الدَّلَالَة فِي فَضْل الْعِلْم ؛ لِأَنَّ اللَّه تَعَالَى لَمْ يَأْمُر نَبِيّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِطَلَبِ الِازْدِيَاد مِنْ شَيْء إِلَّا مِنْ الْعِلْم ، وَالْمُرَاد بِالْعِلْمِ الْعِلْم الشَّرْعِيّ الَّذِي يُفِيد مَعْرِفَة مَا يَجِب عَلَى الْمُكَلَّف مِنْ أَمْر عِبَادَاته وَمُعَامَلَاته ، وَالْعِلْم بِاَللَّهِ وَصِفَاته ، وَمَا يَجِب لَهُ مِنْ الْقِيَام بِأَمْرِهِ ، وَتَنْزِيهه عَنْ النَّقَائِض
“Firman Allah Ta’ala (yang artinya),’Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu’ mengandung dalil yang tegas tentang keutamaan ilmu. Karena sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah memerintahkan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta tambahan sesuatu kecuali (tambahan) ilmu. Adapun yang dimaksud dengan (kata) ilmu di sini adalah ilmu syar’i. Yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang mukallaf mengetahui kewajibannya berupa masalah-masalah ibadah dan muamalah, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifatNya, hak apa saja yang harus dia tunaikan dalam beribadah kepada-Nya, dan mensucikan-Nya dari berbagai kekurangan”. (Fathul Baari, 1/92)
Dari penjelasan Ibnu Hajar rahimahullah di atas, jelaslah bawa ketika hanya disebutkan kata “ilmu” saja, maka yang dimaksud adalah ilmu syar’i.
Oleh karena itu, merupakan sebuah kesalahan sebagian orang yang membawakan dalil-dalil tentang kewajiban dan keutamaan menuntut ilmu dari Al Qur’an dan As-Sunnah, namun yang mereka maksud adalah untuk memotivasi belajar ilmu duniawi.
Meskipun demikian, bukan berarti kita mengingkari manfaat belajar ilmu duniawi. Karena hukum mempelajari ilmu duniawi itu tergantung pada tujuannya. Apabila digunakan dalam kebaikan, maka baik. Dan apabila digunakan dalam kejelekan, maka *****. (Lihat Kitaabul ‘Ilmi, hal. 14)
Ilmu Apa Saja yang Wajib Kita Pelajari?
Setelah kita mengetahui bahwa hukum menuntut ilmu agama adalah wajib, maka apakah kita wajib mempelajari semua cabang ilmu dalam agama? Tidaklah demikian.
Kita tidak diwajibkan untuk mempelajari semua cabang dalam ilmu agama, seperti ilmu jarh wa ta’dil sehingga kita mengetahui mana riwayat hadits yang bisa diterima dan mana yang tidak.
Demikian pula, kita tidak diwajibkan untuk mempelajari rincian setiap pendapat dan perselisihan ulama di bidang ilmu fiqh. Meskipun bisa jadi ilmu semacam itu wajib dipelajari sebagian orang (fardhu kifayah), yaitu para ulama yang Allah Ta’ala berikan kemampuan dan kecerdasan untuk mempelajarinya demi menjaga kemurnian agama.
Sebagaimana yang diisyaratkan oleh Ibnu Hajar rahimahullah di atas, kita “hanya” wajib mempelajari sebagian dari ilmu agama, yaitu ilmu yang berkaitan dengan ibadah dan muamalah, sehingga kita dapat beribadah kepada Allah Ta’ala dengan benar.
Kita juga wajib mempelajari ilmu tentang aqidah dan tauhid, sehingga kita menjadi seorang muslim yang beraqidah dan mentauhidkan Allah Ta’ala dengan benar dan selamat dari hal-hal yang merusak aqidah kita atau bahkan membatalkan keislaman kita.
Ibnul Qoyyim rahimahullah telah menjelaskan ilmu apa saja yang wajib dipelajari oleh setiap muslim. Artinya, tidak boleh ada seorang muslim pun yang tidak mempelajarinya. Ilmu tersebut di antaranya:
Pertama, ilmu tentang pokok-pokok keimanan, yaitu keimanan kepada Allah Ta’ala, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir.
Ke dua, ilmu tentang syariat-syariat Islam. Di antara yang wajib adalah ilmu tentang hal-hal yang khusus dilakukan sebagai seorang hamba seperti ilmu tentang wudhu, shalat, puasa, haji, zakat. Kita wajib untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ibadah-ibadah tersebut, misalnya tentang syarat, rukun dan pembatalnya.
Ke tiga, ilmu tentang lima hal yang diharamkan yang disepakati oleh para Rasul dan syariat sebelumnya. Kelima hal ini disebutkan dalam firman Allah Ta’ala,
ö قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالْإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
“Katakanlah,’Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui’”. (QS. Al-A’raf [7]: 33)
Kelima hal ini adalah haram atas setiap orang pada setiap keadaan. Maka wajib bagi kita untuk mempelajari larangan-larangan Allah Ta’ala, seperti haramnya zina, riba, minum khamr, dan sebagainya, sehingga kita tidak melanggar larangan-larangan tersebut karena kebodohan kita.
Ke empat, ilmu yang berkaitan dengan interaksi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain secara khusus (misalnya istri, anak, dan keluarga dekatnya) atau dengan orang lain secara umum. Ilmu yang wajib menurut jenis yang ke empat ini berbeda-beda sesuai dengan perbedaan keadaan dan kedudukan seseorang. Misalnya, seorang pedagang wajib mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengan perdagangan atau transaksi jual-beli. Ilmu yang ke empat ini berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. (Lihat Miftaah Daaris Sa’aadah, 1/156)
Dari penjelasan Ibnul Qoyyim rahimahullah di atas, jelaslah bahwa apa pun latar belakang pekerjaan dan profesi kita, wajib bagi kita untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Menuntut ilmu agama tidak hanya diwajibkan kepada ustadz atau ulama. Demikian pula kewajiban berdakwah dan memberikan nasihat kepada kebaikan, tidak hanya dikhususkan bagi para ustadz atau para da’i. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَوَاللَّهِ لأَنْ يَهْدِىَ اللَّهُ بِكَ رَجُلاً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ
“Demi Allah, jika Allah memberikan petunjuk kepada satu orang saja melalui perantaraanmu, itu lebih baik bagimu dibandingkan dengan unta merah (yaitu unta yang paling bagus dan paling mahal, pen.)”. (HR. Bukhari dan Muslim)
Dan tidak diragukan lagi, bahwa untuk berdakwah sangat membutuhkan dan harus disertai dengan ilmu. Bisa jadi, karena kondisi sebagian orang, mereka tidak terjangkau oleh dakwah para ustadz. Sebagai contoh, betapa banyak saudara kita yang terbaring di rumah sakit dan mereka meninggalkan kewajiban shalat? Di sinilah peran penting tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat, atau ahli gizi yang merawat mereka, untuk menasihati dan mengajarkan cara bersuci dan shalat ketika sakit. Demikian pula seseorang yang berprofesi sebagai sopir, hendaknya mengingatkan penumpangnya misalnya untuk tetap menunaikan shalat meskipun di perjalanan. Tentu saja, semua itu membutuhkan bekal ilmu agama yang memadai.
Terahir, jangan sampai kita menjadi orang yang sangat pandai tentang seluk-beluk ilmu dunia dengan segala permasalahannya, namun lalai terhadap ilmu agama. Hendaknya kita merenungkan firman Allah Ta’ala,
يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآَخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ
“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedangkan mereka lalai tentang (kehidupan) akhirat”. (QS. Ar-Ruum [30]: 7)

Penulis: dr. M. Saifudin Hakim, MSc.
Artikel Majalah Muslim.Or.Id
Sumber:  target="_blank" class="mycode_url">https://muslim.or.id/18810-setiap-muslim-wajib-mempelajari-…



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
           
Print this item

  ACARA PARENTING
Posted by: TK BAIT QURANY SALEH RAHMANY - 10-14-2017, 12:35 PM - Forum: Usia PAUD - No Replies

Sekolah Bina keluarga, hari Ahad, 24 September 2017, bersama Ust DR.Muharrir,Lc.M.Ag, dengan topik: Merenda Kepribadian Anak Sejak Usia Dini.



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
               
Print this item

Heart Senyum adalah sambutan terindah bagi anak
Posted by: Anggorowati Wulyansari - 10-13-2017, 11:26 PM - Forum: Usia PAUD - No Replies

       
Pagi adalah suasana menyenangkan bagi anak-anak yang bersemangat sekolah.
Saat bertemu teman-teman dan guru dibawah hangat sinar matahari.
Pagi adalah saat yang indah bagi jiwa-jiwa nirmala.
Saat melihat sesungging senyum tamah seisi dunia.

Maka sambutlah anak didik kita dengan senyum yang terpancar dari bibir dan mata.
Senyum tulus yang mendamaikan, 
Senyum damai dan menyejukkan sebagai pengawal perjalanan waktu seharian.

Print this item

  Ayo Senam ^_^
Posted by: Maykel Yossi Tampubolon - 10-13-2017, 12:55 AM - Forum: Usia PAUD - No Replies

   
Anak perlu diajarkan sejak dini untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Melalui kegiatan senam ini akan membentuk suatu koordinasi gerak antara gerak anggota badan, seperti tangan, kaki, dan kepala dengan alunan irama, baik berupa lagu, musik dan nyanyian. Dalam kegiatan senam, anak dapat mengikuti kegiatan pengembangan fisik.
   
Untuk memulai hidup sehat bukanlah hal yang mudah. Olahraga senam merupakan kegiatan yang sangat penting bagi tubuh anak. Dengan melakukan olahraga senam secara teratur, maka hal ini akan membuat tubuh anak lebih sehat dan kebugaran tubuh akan lebih optimal. Ketika anak melakukan senam, dapat membantu mengajarkan anak untuk konsentrasi pada tugas dan mengatur waktu lebih efektif.
   
Melalui senam, dapat menyisipkan nilai pendidikan untuk anak. Senam juga menanamkan nilai-nilai kejujuran, keadilan, menahan emosi, dan sportivitas. Senam dapat memunculkan daya kreasinya manakala anak sudah bergerak serta meningkatkan kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak.
   
Senam perlu dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan, untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, ketrampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani anak. Budaya hidup sehat  dengan olahraga senam tentunya harus menjadi gaya hidup bagi anak. Senam sangat berperan penting bagi anak untuk mengembangkan aspek sosial emosional dan kejiwaannya untuk membentuk karakternya sejak usia dini.



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
   
Print this item

  YUK RENANG !!!
Posted by: Maykel Yossi Tampubolon - 10-12-2017, 02:04 PM - Forum: Usia PAUD - No Replies

   

Kegiatan yang menyenangkan bagi anak adalah berenang. selain menyenangkan, kegiatan berenang tidaklah membosankan dan memberikan aktifitas bagi tubuh (olahraga).
  1. Manfaat renang bagi anak :
    1. Melatih IQ anak
      Dengan renang, merangsang pertumbuhan otak anak. Melalui belajar renang membuat anak meraih perkembangan lebih cepatpada araea kognitif, fisik dan bahasa. renang dapat membantu perkembangan otak melalui latihan gerakan tangan dan kaki secara bersamaan yang dilakukan ketika renang.
    2. Melatih rasa percaya diri dan keberanian anak
      Dengan renang, membat anak untuk percaya diri serta keberaniannya dalam berenang. Saat anak belajar berenang secara kelompok, anak akan belajar untuk lebih percaya diri dan belajar untuk memotivasi dirinya. Melatih keberanian anak sejak dini akan membuat anak tumbuh dengan mental kuat dan berani dengan tantangan.
    3. Melatih stimulasi pada motorik
      Dengan renang, membuat anak bergerak dan membantu menguatkan ototnya dan merangsang saraf-saraf pada tubuhnya. Saat anak berenang, tubuh akan dilatih untuk membentuk koordinasi beberapa anggota tubuh.
    4. Melatih kemampuan sosial anak
      kemampuan sosial harus diasah sejak dini, karena dapat membantu anak dalam hubungan pribadi dan karier kelak saat ia dewasa. Dengan renang, membuat anak dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan temannya.



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
   
Print this item

  PENTINGNYA MENARI BAGI PERKEMBANGAN ANAK
Posted by: Maykel Yossi Tampubolon - 10-11-2017, 10:26 PM - Forum: Usia PAUD - Replies (1)

Faktor pembangkit motivasi belajar yang efektif adalah keingintahuan dan keyakinan akan kemampuan diri. Dalam menari, anak lebih menyukai tarian yang ekspresif, geraknya bebas, dinamis atau energik, dan humoris sesuai dengan karakter jiwa anak.

Belajar menari bagi anak memberikan media ekspresi. Setiap anak akan menciptakan bentuk ekspresinya sendiri dan mengungkapkannya menurut caranya sendiri, terutamanya dalam menari. Ketika anak menari akan menampilkan kualitas ekspresi dari kualitas gerakan tubuh, mimik wajah penari, serta musik atau bunyi instrumen tarian.

Belajar menari bagi anak memberikan media bermain. Kegiatan menari memberikan suatu aktifitas bermain kepada anak, karena anak dapat memperoleh pengetahuan tentang dirinya dan lingkungan sekitarnya. ketika anak menari akan memberikan aktifitas berkreasi yang memberikan rasa senang sekaligus melatih kemampuan motorik halus, daya imajinasi, dan kreatifitasnya.

Belajar menari bagi anak memberikan media komunikasi. Melalui tari sebagai media komunkasi yang menyenangkan melalui simbol-simbol rupa, bunyi/suara, gerak dan mimik. Dalam anak menari terdapat proses komunikasi, anak dapat menceritakan apa yang dipikirkan, dirasakan, dihayati , dan dipersepsikan melalui gerakan.

Belajar menari bagi anak memberikan media pengembangan bakat. Melalui kegiatan menari, akan melatih anak dalam bakatnya untuk mengasah kepekaan estetis, kreatifitas, dan ketrampilan teknik dalam menari.



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
   
Print this item

  pembagian laporan perkembangan anak
Posted by: tk my dream school - 10-09-2017, 08:43 AM - Forum: Usia PAUD - No Replies

assalamu'alaikum wr.wb
alhamdulillah TK dan PAUD My Dream School telah melakukan pembagian laporan perkembangan anak pada tanggal 7 Oktober 2017 bertepatan derngan hari sabtu. pada hari itu, orang tua / wali murid juga berkesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan wali kelas terkait tumbuh kembang anak.



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
                   
Print this item

  Bantuan untuk Pengungsi Erupsi Gunung Agung
Posted by: SMKN 2 SINGARAJA - 10-02-2017, 11:19 AM - Forum: Usia SMA/SMK - No Replies

Pada Hari Sabtu, 30 September 2017
SMK Negeri 2 Singaraja Melalui Perwakilan Humas SMK Negeri 2 Singaraja Mendatangi Posko Erupsi Gunung Agung untuk menyerahkan bantuan di Desa Tianyar, Kab. karangasem bantuan tersebut diserahkan kepada Kepala Dusun Desa tianyar disaksikan juga oleh Tim Relawan, nantinya bantuan ini akan disebar beberapa titik pengunsi yang tersebar di wilayah tersebut.
bantuan tersebut berupa selimut, obat-obatan, alat mck, beras, pakaian anak, minyak goreng dan lain-lain
Pada kesempatanya Tim Relawan dan Kepala Dusun Setempat mewakili pengungsi didaerahnya mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada pengungsi erupsi Gunung Agung semoga rasa gotong royong dan saling memiliki terus terjaga ” imbuhnya”
Kami dari Humas SMKN 2 Singaraja Mengucapkan Terimakasih serta apresiasi setinggi-tingginya Kepada Seluruh Keluarga Besar SMKN 2 Singaraja meliputi Guru, Staf Pegawai, Siswa, Alumni yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk saudara-saudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Agung



Berkas-berkas terlampir Gambar-(gambar) kecil
   
Print this item