Sabtu, 23 September 2017

Sekolah Keren

Orang Tua Terlibat, SDN Mekarjaya 29 Depok Jadi Indah

31 Aug 2017 11:29:09


 Orang Tua Terlibat, SDN Mekarjaya 29 Depok Jadi Indah

SAHABAT KELUARGA- Orang tua, dimanapun, dan siapapun, tentunya ingin anak-anaknya merasa aman, nyaman, dan senang berada di sekolah. Harapannya, dengan suasana seperti itu, orang tua berharap anak-anaknya semangat belajar yang akhirnya punya prestasi serta potensi dirinya tergali optimal.

Menyadari itu dan lantas terinspirasi oleh salah satu SMP negeri di Karawang, Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 29, Kota Depok, menggelar lomba memperindah ruang kelas. Lomba yang juga diselenggarakan untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI itu dikelola oleh Komite Sekolah dengan melibatkan orang tua peserta didik.

“Kami memang terinspirasi dari tulisan di laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id tentang lomba memperindah kelas di salah satu SMP di Karawang, dan rasanya kami bisa melakukannya, “kata Ketua Komite Sekolah SDN Mekarjaya 29, Flora Andeka Fera.

Ternyata, lanjut Flora, setelah diusulkan ke para orang tua, hampir sebagian besar antusias menyambutnya. Setelah disetujui kepala sekolah, akhirnya lomba itu pun digelar dan tanggal 26 Agustus 2017 lalu, dilakukan penilaian oleh Tim Juri dari pengawas sekolah dasar Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Flora mengaku terkejut dan bangga atas antusias para orang tua siswa. Dengan persiapan yang bisa dikatakan spontan dan mendadak, para orang tua secara sukarela bahu- membahu memperindah ruang kelas anaknya masing-masing, mulai dari mengecat ulang tembok, meja dan kursi, memberi akses bunga-bunga sampai melukis aneka pohon, bunga, dan kreasi lainnya di tembok kelas. Untuk biaya pembelian cat, kuas, bunga-bunga, dan lain-lainnya, para orang tua juga secara sukarela patungan.

Beberapa ibu menuturkan, untuk menata dan memperindah kelas, rata-rata per kelas mengeluarkan biaya sekitar Rp1 juta lebih sedikit. Biaya itu juga termasuk untuk memberi upah tenaga tukang apabila orang tua tidak mampu melakukannya, seperti mengecat dinding atas.

Hasilnya, kelas yang semula biasa-biasa saja, dengan warna tembok yang mulai kusam dan monoton, menjadi lebih cerah, menarik dan terkesan membuat betah siswa. “Selama dua minggu, setiap sore sampai malam, dan juga hari Sabtu dan Minggu, para orang tua bekerja sama memperindah kelas. Tak hanya para ibu, juga para ayah, dan bahkan ada kakeknya yang ikut membantu,” tutur Flora.

Nani, salah seorang ibu siswa yang lantas menjadi ketua panitia lomba menambahkan, awalnya hanya berniat lomba anak-anak menyambut Hari kemerdekaan, namun akhirnya tercetus usul lomba memperindah ruang kelas dengan melibatkan orang tua.

“Awalnya kami ragu, apakah memang diperbolehkan mengecat ulang tembok kelas dengan warna yang berbeda setiap kelas sesuai dengan keinginan anak dan orang tua, apalagi dengan melukis tembok. Tapi setelah dibolehkan, ya,,langsung kami laksanakan, dan ternyata hasilnya diluar dugaan, “kata Nani.

Wiwik, salah seorang orang tua siswa kelas 1 menuturkan, mereka sangat antusias dan semangat memperindah kelas dengan harapan, agar anak-anak nyaman di kelas sehingga belajarpun tambah semangat.

Kepala Sekolah SDN Mekarjaya 29, Mriyatin, juga mengaku kaget, dengan perencanaan yang mendadak ternyata hasilnya luar biasa, ruang kelas menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. “Memang Komite Sekolah yang memiliki ide. Saya mempersilakan komite berkreasi dengan lomba menghias kelas. Hasilnya mengagetkan saya dan luar biasa, tiba-tiba ruang kelas jadi rapi dan bagus,” katanya.

Mriyatin melanjutkan, lomba menghias kelas ini merupakan awal yang baik. Tugas selanjutnya adalah bagaimana siswa merawat kelas yang sudah rapi dan meningkatkan kualitas kelasnya.

“Ini baru awal. Selanjutnya siswa yang harus memelihara kelas bisa atau tidak. Kelas yang belum dapat juara bisa ditingkatkan lagi,” tambahnya.

Dalam lomba yang diikuti semua kelas, yakni 12 kelas itu, pemenang pertama diraih oleh gabungan kelas 1 a dan b, sedangkan pemenang ke 2 dan ke- 3, masing-masing diraih oleh kelas 3a dan 5a. Selain itu, juga ditetapkan pemenang harapan 1, 2, dan 3, yakni gabungan kelas 2, kelas 3 b dan 4 a.

SD yang berlokasi di Jalan Rebab Raya, Depok 2 Tengah, Kecamatan Sukmajaya ini berada di tengah perumahan Perumnas. Seperti umumnya sekolah negeri, kelas-kelas di SDN Mekarjaya 29 ini diisi sekitar 36 sampai 49 siswa. Yanuar Jatnika