Jumat, 28 July 2017

Berita

Mendikbud : Hari Pertama Sekolah Momentum Penting

17 Jul 2017 14:58:04


Mendikbud : Hari Pertama Sekolah Momentum Penting

SAHABAT KELUARGA- Hari pertama sekolah merupakan momentum baik bagi orang tua untuk dapat menjalin hubungan baik dengan para pendidik di sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, mengatakan, peran serta masyarakat dalam upaya memajukan pendidikan semakin terbuka luas. Apalagi setelah diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016, yang menurut Muhadjir, masyarakat dapat berkolaborasi dengan Komite sekolah dapat mendorong perbaikan di tingkat satuan pendidikan.

Hal itu dikatakan Muhadjir saat memimpin apel "Anak Cerdas Berkarakter" di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), 17 Juli 2017.

Dalam Siaran Pers Kemdikbud, dalam kesempatan itu, Muhadjir juga mengingatkan kembali pentingnya sinergi tri pusat pendidikan dalam gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

"Orang tua atau keluarga adalah pendidik pertama dan utama, hendaknya sekolah, rumah dan masyarakat bersinergi menciptakan ekosistem pendidikan yang dapat mendukung gerakan pendidikan karakter," disampaikan Mendikbud di depan para guru, siswa dan pemangku kepentingan pendidikan kota Palangka Raya.

Kepada para guru, Mendikbud berpesan agar dapat mendampingi siswanya. Menurutnya, keberhasilan penerapan pendidikan karakter terletak pada para guru.

Kepada para siswa, Mendikbud juga mengingatkan agar tidak hanya mengejar unsur akademis saja, namun juga dapat menggali dan mengoptimalkan minat dan bakat. Sesuai dengan prinsip gerakan PPK, siswa tidak hanya didorong untuk mengolah pikir saja, namun juga mengolah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), serta olah raga (kinestetik).

"Kamu yang tidak pandai mata pelajaran tertentu, jangan berkecil hati. Saya yakin kamu memiliki keunggulan di mata pelajaran lain atau pada hal-hal lainnya. Asah terus, saya percaya itu dapat bermanfaat untuk masa depanmu," pesan Mendikbud. Yanuar Jatnika