Kamis, 29 June 2017

Sekolah Keren

Sabtu Mendongeng di PAUD Wadas Kelir

22 Mar 2017 16:17:42


Sabtu Mendongeng di PAUD Wadas Kelir

SAHABAT KELUARGA - Dalam upaya membangun karakter kreatif pada anak-anak usia dini, PAUD Wadas Kelir, Purwokerto Selatan, Jawa Tengah memiliki kegiatan rutin yang menyenangkan, yaitu Sabtu Mendongeng, merupakan kegiatan mendongeng bersama anak-anak dan orang tua yang dilakukan di teras sekolah secara rutin.

Acara Sabtu Dongeng ini bertujuan untuk menanamkan cinta dongeng pada anak. Kegiatan dimulai dengan penyambutan hangat Bunda-bunda PAUD pada anak-anak dan orang tua saat baru datang. Anak-anak dan orang tua yang selalu antusias ini akan segera duduk di teras rumah bersama orang tuanya. Setelah lengkap, maka pendongeng akan segera hadir untuk beraksi.

Aksi mendongeng dilakukan secara kreatif yaitu dengan media gambar, dalang dongeng, hingga mendongeng sambil menggambar. Dalam mendongeng akan ada momen interaksi antara pendongeng dengan anak dan orang tua.

Suasana ini tentu saja menambah keakraban orang tua dengan anak-anak. Semuanya akan tertawa senang dan gembira.

Tidak sampai di situ, dalam mendongeng, orang tua dan anak sering diminta maju untuk menjawab soal, memperagakan gerakan, menirukan suara binatang, sampai menyanyi dan berdoa bersama anaknya. Suasana semakin riuh.

Kegiatan Sabtu dongeng ini menjadi kegiatan yang dinanti orang tua dan anak. Selain karena menarik dan menyenangkan, juga karena menjadi momen penting dalam menyatukan anak-anak dan orang tua. Sehingga kegiatan ini berperan dalam penguatan pendidikan keluarga yang difasilitasi PAUD Wadas Kelir.

Melalui kegiatan Sabtu Mendongeng ini para orang tua memberikan pengakuan bahwa anak-anaknya sekarang setiap malam minta orang tuanya mendongeng. Jadi, program sekolah untuk meminjam buku dongeng setiap minggu. Buku-buku dongeng yang disipkan PAUD Wadas Kelir pun selalu ramai dipinjam. Dari sini anak-anak sejak usia dini sudah menyukai dongeng.

Dari sini, melalui kegiatan Sabtu Mendongeng yang dilakukan secara rutin, maka orang tua dan anak semakin terbangun pola koumunikasi menyenangkan yang mendidik untuk penguatan pendidikan keluarga, serta anak-anak akan semakin mencinta dongeng sebagai khasanah budaya bangsa yang mendidik agar terus terjaga dengan baik. (Dian Wahyu Sri Lestari – Kepala Sekolah PAUD Wadas Kelir)