Sabtu, 24 June 2017

Umum

Desain Rumah Bentuk Karakter Anak

16 Mar 2017 11:34:06


Desain Rumah Bentuk Karakter Anak

SAHABAT KELUARGA- Salah satu ruangan di rumah yang paling nyaman, dan paling sering dipakai sebagai tempat kumpul keluarga adalah ruang tengah. Di ruang inilah, di kebanyakan rumah, menjadi pusat kegiatan sosial sebuah keluarga. Di sinilah pusat kehangatan keluarga terpancar.

Di ruangan inilah, seluruh anggota keluarga berkumpul untuk berbagi cerita, bertukar pendapat, menyusun rencana, dan segala macam. Komunikasi antara orangtua dengan anak pun terjalin secara intens di area ini. Yang mengejutkan, komunikasi jenis ini juga berpengaruh terhadap daya tangkap anak.

Nah, agar seluruh anggota keluarga merasa nyaman di ruang tengah itu dan akhirnya nyaman untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain, ruang keluarga harus dirancang senyaman mungkin.

Arsitek dan desainer interior dari Desain Dekor, Esya Roza, mengatakan, salah satunya, sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik dan kenyamanan ruangan dipengaruhi oleh penataan furnitur.

“Sesuaikan dengan cermat setiap furnitur yang akan digunakan dengan besaran ruang. Ruang akan terasa sesak saat penataan dilakukan berlebihan, baik secara ukuran, bentuk, atau pemilihan warna,” ujarnya.

Sesuai namanya, ruang keluarga harus menjadi area yang menjadi ‘pengikat’ keluarga. Di ruangan ini, Anda bisa menampilkan benda-benda memorabilia anggota keluarga. Memajang kaus kaki pertama si kecil, misalnya, dan menunjukkan dan mengingatkan betapa besar perhatian orang tua terhadap buah hati.

“Misalnya menampilkan karya-karya si kecil seperti lukisan atau puisi untuk keluarga, foto-foto liburan. Jadikan ruang keluarga sebagai museum yang menebar kenangan,” Esya menambahkan.

Ia juga menambahkan, kenyamanan ruang keluarga juga diciptakan lewat pemilihan pernik dekorasi. Karpet yang nyaman dan bantal-bantal besar atau bean bag bisa menciptakan suasana santai dan nyaman, sehingga anggota keluarga betah berlama-lama. “Anda juga bisa mengganti sofa dengan daybed. Untuk warna, Anda dapat memilih warna alam, seperti tekstur kayu untuk lantai, atau batu alam, “katanya. Yanuar Jatnika/Sumber :beritasatu.com