Selasa, 17 October 2017

Dongeng

Displaying 1-10 of 39 results.

Sinar Terang Petromak

26 Sep 2017 11:50:18

Sinar Terang Petromak
“Ayah, lampunya mulai gelap,” teriak Lely, meminta ayah untuk memompa lampu petromaknya. “Iya Nak, sebentar ayah pompa dulu ya, sambil menurunkan lampu dari meja belajar Lely dan adik-adiknya. “Lampunya belum mau terang juga, Yah?” tanya Ari adik perempuan Lely yang baru masuk SD tahun ini. “Iya Nak, Ayah harus menambah spritus dulu. Bersabar .... Selengkapnya

Suara dari Rimba Raya

13 Sep 2017 16:57:55

Suara dari Rimba Raya
ADA keluarga kecil yang tinggal di rimba Kalimantan pada zaman dahulu. Mereka hanya bertiga—ayah, ibu, dan anak. Mereka hidup dari bercocok tanam, makan dan minum dari hasil yang alam berikan kepada mereka. Ada kelapa, ubi, pisang, rambutan, dan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekitar rumah mereka yang kecil dan .... Selengkapnya

Belajar pada Bapak

26 May 2017 15:29:43

Belajar pada Bapak
Seperti biasa, setiap hari Minggu, Bagus ikut bapaknya berjualan suvenir di Malioboro. Malioboro adalah salah satu tujuan wisata yang ramai didatangi wisatawan yang berkunjung  ke Yogyakarta. Di sana terkenal sebagai tempat pusat oleh-oleh dengan harga murah. Bahkan seringkali pembeli bisa menawar harga barang sampai separuh harga yang ditawarkan oleh penjual. Bapak .... Selengkapnya

Sepatu untuk Zaka

02 May 2017 16:47:47

Sepatu untuk Zaka
“Kak Nera, Zaka minta uangnya ya buat beli sepatu baru,” pinta Zaka di suatu sore. “Lho kok sepatu? Emang sepatu Zaka sudah rusak?” tanya Kak Nera heran. “Belum sih Kak. Cuma Zaka pengin beli yang baru. Biar nggak cepat bosan. Dikasih yaa... Kakak baik deh,” rayu Zaka manja. Kak Nera menggelengkan kepalanya. Kak .... Selengkapnya

Aini Rantang

12 Apr 2017 10:31:43

Aini Rantang
Pagi ini Aini sudah siap berangkat ke sekolah. Setelah sesaat tadi berkemas ia pun segera melangkah keluar dan mengambil sepedanya.  Ibu sudah siap mengantar Aini hingga ke pelataran rumahnya. “Tidak lupa kan bekalmu, Aini?” tanya Ibu mengingatkan Aini. “Tidak, Bu. Ini sudah aku masukkan ke tas,” jawab Aini memastikan. Sebuah rantang kecil terbuat .... Selengkapnya

Air Jelita

22 Mar 2017 15:07:41

Air Jelita
Bel tanda pulang sekolah sudah berbunyi. Akupun bergegas mengemas buku-buku dan memasukkannya ke tas. Kulihat dari jendela kelas, siang ini sungguh luar biasa panasnya. Duh, air di botol minumku sudah habis, padahal aku haus sekali. Ehm, aku mau minta air minum ke kakakku. Biasanya kakak masih mempunyai air minum.  Bergegas aku .... Selengkapnya

Dongeng Sebelum Tidur dari Ayah

08 Feb 2017 14:27:03

Dongeng Sebelum Tidur dari Ayah
     “Dongeng sebelum tidur, ceritakan yang indah, biar ku terlelap, mimpikan yang indah.” Lirik lagu itu merupakan lagu kesukaan ayah sewaktu ia masih remaja. Lagu tersebut selalu diputar ayah kapanpun ia mau. Setelah mendengar lagu itu, ayah bertekad kelak jika sudah menikah dan memiliki anak, ayah akan selalu membacakan .... Selengkapnya

Kinan, Gadis Kecil yang Sering Terlambat Datang ke Sekolah

30 Jan 2017 14:47:09

Kinan, Gadis Kecil yang Sering Terlambat Datang ke Sekolah
Kukuruyuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkk..          Ayam jago mulai berkokok, pertanda hari mulai pagi. Jam beker di kamar Kinan mulai berbunyi pertanda waktu sudah menunjukkan Pukul 05.00 Pagi. Namun, mata Kinan belum juga mau terbuka, jiwanya masih berkelana di alam mimpinya. Ibunya sudah mulai memanggil, terdengar suara ibu dari dapur.          “Kinan, Kinan, .... Selengkapnya

Pergi Ke Desa dengan Ayah

20 Jan 2017 14:42:03

Pergi Ke Desa dengan Ayah
Malam itu, kota Jakarta disirami hujan deras. Sama halnya dengan air mata yang menghujani pipi merah Gladis, gadis kecil yang duduk di kelas 5 SD. “Nak, sudah ya nangisnya. Ayah janji kita hanya sebentar disana, pokoknya selama libur sekolahmu saja,” ucap Ayah. “Dua minggu itu lama, Yah! Aku tidak bisa ke taman .... Selengkapnya

Pelajaran Menyapu

17 Nov 2016 10:01:02

Pelajaran Menyapu
Di tanah itu seorang anak menggurat lakon hidupnya. Udji, nama anak berusia 8 tahun itu. Setiap pagi dan sore ia harus menyapu pekarangan rumah. Padahal, pekarangan seluas 100 m2 itu dihuni oleh pohon belimbing, jambu air, rambutan, melinjo dan nangka. Bisa kita bayangkan seberapa banyak sampah guguran daunnya. Sungguh tugas berat .... Selengkapnya