Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips membantu anak agar gemar berolahraga
#1
Pada usia 6-11 tahun, anak sangat dianjurkan untuk berolahraga. Dan, biasanya pada saat usia tersebut anak-anak akan mulai berolahraga dengan sendirinya tanpa di suruh orang tua, namun tidak sedikit juga sebagian anak yang masih enggan berolahraga dengan alasan-alasan tertentu.

Nah, pertanyaannya adalah, bagaimana sih cara atau tips mengajak anak agar semangat berolahraga?

1. Orangtua harus mencintai olahraga terlebih dulu

Akan sangat lucu rasanya jika kita menginginkan anak untuk semangat berolahraga, tetapi kita sendiri sebagai orangtua kurang menyukai atau bahkan tidak sama sekali suka berolahraga. Hal ini tentu akan menjadi contoh yang kurang baik untuk anak. Bagaimana anak akan mencintai olahraga, sementara orangtuanya pernah berolahraga?

Oleh sebab itu, jadilah orangtua yang menyukai olahraga, maka dengan begitu anak akan mencontoh perilaku hidup sehat dari orangtua mereka.

2. Jelaskan pengertian dan manfaat berolahraga

Terkadang kamauan dan ketidakmauan seorang anak, bisa disebabkan karena ketidaktahuannya tentang pengertian dan manfaat dari apa yang akan kita lakukan. Inilah sebabnya, betapa penting orangtua menjelaskan tentang pengertian dan manfaat dari berolahraga. Dengan menjelaskan mengenai kedua hal penting tadi, maka secara tidak langsung akan membangun persepsi anak tentang pentingnya berolahraga.

3. Cari tahu jenis olahraga yang disukai anak

Sebagai orangtua, tentu tidak sulit untuk melihat jenis olahraga apa yang disukai anak anda. Biasanya anak-anak diusia 6-11 tahun tengah menyukai bersepeda, berenang, dan bermain pula. Sayangnya, seringkali anak tidak secara rutin melakukan kegiatan tersebut. Nah, orangtua bisa menjadi alarm atau motivasi untuk mengingatkan bahkan menemani anak untuk melakukan olahraga yang ia sukai itu.

4. Jadilah teman anak berolahraga bersama

Point selanjutnya adalah jika kita sudah mengetahui olahraga apa yang disukai anak, maka jadilah teman dan sahabat anak dalam berolahraga agar anak lebih bersemangat melakukan olahraga.

5. Dukung anak berolahraga

Salah satu tips yang sangat penting untuk membuat anak bersemangat berolahraga adalah dukungan moril dari kedua orangtuanya. Misalnya, jika anak anda suka berenang, ajaklah ia untuk berenang bersama, mendaftarkan anak ke kelas renang, atau menjadikan ia aktif di dunia renang.

Itulah tadi 5 cara atau tips mengajak anak agar semangat berolahraga. Dengan berolahraga, tidak hanya  berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh anak, tetapi juga dapat semakin mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan pengaruh baik untuk pembaca. 
credit : target="_blank" class="mycode_url">http://www.pojokklinik.cf
  Balas


Lompat ke forum:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)